Wasantara | Wawasan Nusantara | Ideologi Pancasila

Wasantara | Wawasan Nusantara | Ideologi Pancasila - Teman teman diseluruh tanah air jika kita benar benar mengkaji dan memahami nilai nilai yang terkandung dalam butir butir pancasila tentu saja kita bisa memahami apa itu wasantara atau wawasan nusantara. Bagaimana kita bersikap dengan keadaan negeri ini, negara yang terdiri dari ribuan pulau pulau, yang sebagian besar negara kita terdiri atas kepulauan. Bagaimana kita bersikap dewasa untuk memahami dan menghormati perbedaan Agama, Suku, Adat, Ras  atau yang biasa kita singkat dengan SARA. Pancasila sebagai Ideologi bangsa adalah pandangan hidup kita dalam bernegara yang didalamnya mengandung nilai nilai luhur bangsa ini. Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Adanya kerusuhan di Ambon, di Papua dan beberapa daerah lain yang hingga kini belum terselesaikan adalah konflik internal dimana mereka belum memahami Ideologi bangsa ini yang mengajarkan wawasan Nusantara, cara pandang kita bagaimana menyikapi perbedaan. Kita harus menghormati dan menghargai adanya perbedaan disamping itu kita mesti prihatin dengan keadaan kerusuhan di Papua itu, karena disana adalah daerah atau Propinsi yang kaya akan sumberdaya alam namun Keadaan manusia nya disana jauh dari kesejahteraan. 

Memprihatinkan sekali keadaan disana, dimana masih ditemui suatu kampung yang kelaparan dimusim kemarau padahal bumi mereka mengandung banyak sekali hasil tambang. Lalu bagaimana kita menyikapi keadaan yang seperti ini? mereka menuntut kemerdekaan, hal ini karena adanya ketimpangan sosial antaran papua dan jakarta. hanya orang orang tertentu yang mendapatkan keuntungan dari kekayaan yang diambil di daerah papua itu.  ini adalah permasalahan yang sensitif, Andai saja pemerintah tanggap dengan kesejahteraan maka masalah ini akan cepat terselesaikan.

Itu adalah salah satu sikap kita dalam menyikapi permasalah di negeri ini dalam cara pandang Wasantara atau wawasan nusantara berdasarkan Pancasila. Kita doakan saja agar Papua segera damai dan kesejahteraan segera tercapai disana. Damailah papua, damailah ambon, damailah Aceh mari kita bangun negeri ini bersama sama dan kita pikirkan segala kebaikan.

0 comments:

Post a Comment